THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 16 November 2011

Mengubah image menjadi matriks dengan Menggunakan MATLAB

Citra dapat dikelompok :
- Citra 2D : citra dgn fungsi kontinue dari intensitas cahaya pada bidang 2D.
- Citra 3D : citra yg terletak pada koordinat world 3D (ruang).
- Citra diam : citra tunggal yg tdk bergerak. “Still image”
- Citra bergerak : rangkaian citra diam yg ditampilkan secara sekuensial.
Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekaman data dapat bersifat :
- optik : foto,
- analog : sinyal video spt gambar pd monitor televisi,
- digital : dpt disimpan pd pita magnetik.

Citra ada 2 macam :
•Citra Kontinue : dihasilkan dari sistem optik yg menerima sinyal analog.
Contoh : mata manusia, kamera analog
•Citra Diskrit/Citra Digital : dihasilkan melalui proses digitalisasi terhadap
citra kontinu. Contoh : kamera digital, scanner.

Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia/mesin (komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain yg mempunyai kualitas lebih baik.

Pada tulisan kali ini akan membahas secara sederhana konversi gambar menjadi matriks dengan menggunakan MATLAB.
Apakah MATLAB itu ?

Pemrograman MATLAB adalah sebuah bahasa high-peformance untuk komputasi teknis. MATLAB merupakan singkatan dari Matrix Laboratory. MATLAB mengintegrasikan perhitungan, visualisasi dan pemrograman dalam suatu lingkungan yang mudah digunakan dimana, permasalahan dan solusi dinyatakan dalam notasi secara matematis yang dikenal umum. Pertama MATLAB dapat digunakan sebagai kalkulator ilmiah. Berikutnya dengan MATLAB memungkinkan Anda untuk memvisualisasi data dalam berbagai cara, melakukan aljabar matriks, bekerja dengan polinominal data fungsi integrasi. Seperti dalam sebuah kalkulator yang dapat diprogram, Anda dapat menciptakan, mengeksekusi, dan menyimpan urutan perintah sehingga memungkinkan komputasi dilakukan secara otomatis.
Pada tulisan kali ini, penulis akan menjelaskan cara menampilkan sebuah citra atau image sebagai matriks menggunakan Matlab. Sebagai contoh penulis akan menggunakan sebuah gambar dengan format jpg.



Image diatas berukuran 170 x 136 yang berarti image tersebut terdiri dari 170 kolom dan 136 baris pixel. Jadi total keseluruhan image tersebut terdiri dari 23120 pixel, dan tiap pixel tersebut merupakan perpaduan dari 3 warna utama .
Warna (Color)Warna : persepsi yang dirasakan oleh sistem visual manusia terhadap panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh objek.
Warna-warna yang dapat ditangkap oleh mata manusia merupakan kombinasi cahaya dengan panjang berbeda. Kombinasi yang memberikan rentang warna paling lebar adalah red (R), green(G)dan blue (B).
Untuk melakukan hal tersebut tidaklah sulit, karena kita hanya membutuhkan 2 baris sintak yang akan dituliskan pada program MATLAB, berikut adalah sintaknya:
>> c=imread( ‘1.jpg’ , ’jpg’ );
>> asci=uint8(c)
Sintax ‘imread’ itu digunakan untukmembaca image yang akan kita konversi menjadi matrik, dan biasanya image tersebut disimpan didalam folder work di instalasi program MATLAb kita (c: \Program Files\MATLAB71\Work). Sedangkan perintah ‘asci=uint8(c)’ digunakan untuk mengubah string menjadi bilangan biner agar bisa menampilkan matrik pada masing-masing RGB nanti. Berikut adalah gambar saat penulis memasukan sintax diatas dalam MATLAB:












Tampilan ‘asci( : , : , 1 ) =’ itu maksudnya adalah menampilkan komposisi matrik warna MERAH dari gambar tersebut.













Sama seperti yang diatas tampilan ‘asci( : , : , 2 ) =’ ini untuk menampilkan matrik warna HIJAU.












Yang ini menampilkan komposis martik warna BIRU dari gambar tersebut.

0 komentar: